Pengenalan Dasar Hardware Pada Komputer

Hasil gambar untuk komponen hardware

 sekarang kita akan berkenalan dengan prangkat - prangkat atau bisa disebut hardware yang berada di dalam komputer anda ataupun leptop anda. Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). 

dan berikut ini adalah prangkat keras yang berada di dalam komputer atau laptop :

Hasil gambar untuk ram
   Fungsi dari Ram adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara, jika anda bingung contoh kasus nya seperti ini.
anda buka office word lalu anda ketik suatu kata disana, nah ketika kata – kata tersebut belum anda simpan di hardisk, maka disanalah fungsi dari peranan ram, ngerti.
jadi jika anda belum menyimpan suatu kerjaan anda ke hardisk secara manual atau otomatis maka peranan ram lah yang membuat data anda hilang ketika komputer di matikan, jangan salahkan ram, karna fungsi utama dari  ram hanya menyimpan data secara sementara tidak di patenkan seperti hal nya hardisk, jadi semua aktifitas yang anda lakukan di komputer atau laptop tidak jauh dengan bantuan dari fungsi ram tersebut, mudah – mudahan ngerti 😀
contoh lain, ram adalah komponen komputer pembantu cpu atau biasa kita dengar adalah processor untuk apa peranan ram ? ram membantu menyiapkan data – data yang akan di proses oleh cpu sebagai processor nya. karena untuk mengakses hardisk cpu membutuhkan komponen untuk membantunya agar pencarian data menjadi lebih cepat, oleh karena itu ram di ciptakan.
dan ram ituh sendiri mempunyai banyak jenis nya, hingga yang terbaru saat ini adalah ddr4.
2. Prosesor 

  Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. 

prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik. Insya allah pembahasan ini akan saya bahas di lain kesempatan.

Hasil gambar untuk processor amd
PROSESOR AMD

Gambar terkait
PROSESOR INTEL

3. Motherboard 
 Pengertian Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).

Fungsi dari motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer , artinya mobo di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
Dilihat dari pengertian motherboard  dan fungsi nya maka tak salah bila mobo ni disebut sebagai perangakat keras yang paling utama dalam sebuah komputer.




Hasil gambar untuk MOBO INTEL

MOTHERBOARD INTEL
Hasil gambar untuk MOBO AMD

MOTHERBOARD AMD

4. Harddisk (HDD)

  Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara. oleh karena itu peranan hardisk sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.
sebelum bisa di gunakan hardisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sistem operasi yang di gunakan, contoh dalam windows format partisi pada hardisk biasanya jenis NTFS. mengapa format penting untuk di lakukan  ? karena agar sistem operasi bisa mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan format yang sesuai dengan sistem operasi tersebut.
Hasil gambar untuk HARDISK

HARDISK
5. Power Supplay


  Dan yg kali ini adala hardware yang hanya ada pada komputer/pc. Power supply adalah perangkat elektronik yang berbentik persegi yang melekat pada chasing komputer yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya. Pada saat ini dikenal 2 jenis power supply yaitu power supply AT dan power supply ATX.

Pada power supply banyak mempunyai konektor - konektor sebagai output dari power supply, Setiap konektor dari power supply menyesuaikan dari komponen hardware komputer yang akan diberi daya dan setiap konektor mempunyai peranan dan fungsi yang berbeda - beda. Berikut adalah fungsi konektor power supply:
Gambar terkait
POWER SUPPLY


VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. 

VGA card terbagi menjadi dua jenis menurut bentuknya, yakni VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board dapat anda jumpai di semua motherboard saat anda membeli komputer atau laptop karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat anda gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimal atau kurang canggih, anda bisa menambahkan VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafis, editor film dan juga pemain game 3D.
Maka dari itu, keberadaan VGA card add-on adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board anda tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan anda, maka VGA card add-on dapat ditambahkan. Namun ini hanya berlaku pada PC saja karena untuk perangkat lainnya tidak tersedia slot untuk penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan VGA card yang akan anda gunakan, anda juga harus mengetahu kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Hasil gambar untuk VGA CARD

VGA CARD



Optical Drive (dvd room) adalah sebuah perangkat keras yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk melakukan proses pembacaan (reading) dari optical disc dan penulisan (writing) data. Beberapa drives hanya bisa membaca data pada disc, namun teknologi saat ini memperbolehkan sebuah drive untuk melakukan pembacaan maupun penulisan pada drives. Compact Disc, DVD dan Blu-ray Disc merupakan jenis-jenis dari optical media yang bisa dibaca maupun diisi data oleh optical disc drive. Optical Disc Drive merupakan sebutan umum, dengan bagian-bagiannya yaitu “CD”, “DVD” dan “Blue-ray” dengan diikuti “drive”, “writer”, dan lain-lain.
Hasil gambar untuk optical drive

OPTICAL DRIVE



Soundcard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Soundcard atau yang lebih kita kenal dengan kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal. Contoh merk sound card yaitu Creative dan Rocketfish. Dilihat dari cara pemasangannya, soundcard dibagi menjadi 3 bagian :

Hasil gambar untuk SOUND CARD
SOUND CARD


dan itulah hardware - hardware yang terdapat pada  komputer / pc Sekian dari Saya tentang Pengenalan dasar hardware pada komputer. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa untuk share keteman teman kalian jika belum tau mengenai komputer. dan jika kalian ingin bertanya, silahkan tanyakan dikolom komentar di bawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menginstalasi Aplikasi Office

Cara Menginstalasi Adobe Photoshop